Bisakah F-7MF mengilhami Indonesia membuat pesawat sekelas F-16

Minggu, 07 Maret 2010

Kalau melihat sekilas gambar ini, hampir mirip dengan F-17. Padahal ini masih turunan J-7 buatan China yang telah habis masa produksinya tahun 2008.











Walaupun J-7 tak diproduki lagi, produk turunan dari pesawat ini masih terus dikembangkan untuk menghasilkan pesawat murah yang sangat bergunan dalam pertahnan negara-negara miskin.



Salah satu produk turunan J-7, yang juga merupakan turunan MiG-21, adalah FTC-2000 yang hanya dihargai sekitar 3-4 juta dollar. Sayang Indonesia tidak tertarik membeli pesawat latih ini dan lebih memilih pesawat baling-baling buatan Brazil yang seharga 13 juta dollar dan belakangan harganya naik lagi.




Padahal Indonesia telah bolak-balik menandatangi kerjasama industri militer dengan China. Kayaknya orang-orang di lapangan belum tanggap mengambil peluang ini.

Apabila pesawat F-7MF ini mempunyai harga yang relatif sama dengan FTC-2000 tersebut di atas, maka ini adalah peluang terbaik untuk memproduksinya di Indonesia. Tidak salah Indonesia membuat co-produksi dengan China seperti halnya produksi bersama JF-17 antara Pakistan dan China yang seharga 20-25 juta dollar dengan berbagai spek Itali dan barat lainnya.



F-7MF bisa menjadi produk asli di Indonesia, setelah tentu, kita berhasil membuat mesin dan spek buatan dalam negeri dengan alih teknologi China.

Pesawat ini tentu tidak akan bisa melampaui Sukhoi atau F-16 punya Indonesia sekarangini, tapi ke depab, berdasarkan pengalaman yang telah ada Indonesia bisa membuat pesawat yang lebih canggih lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Nuclear Indonesia

Car & Auto Industries

Kapal Induk PT PAL

Jet Airliner N 2130

 
 
 

Morotai

Pameungpeuk

Kototabang

 
Copyright © REV-eng